Bertukar informasi, Zoom serasa tempat ngopi

Bersatu Padu Menuju Keserasian yang Dituju

Organisasi merupakan hal yang penting dalam kehidupan Mahasiswa karena di dalam organisasi, mahasiswa dilatih untuk meningkatkan keterampilan berbicara, berpikir kritis, dan melakukan segala kegiatan dengan tanggung jawab yang diasah dengan baik dalam mempersiapkan untuk dunia luar nanti.

Dalam berorganisasi, pasti dibutuhkan yang namanya relasi antara sesama anggota bahkan antara organisasi satu dengan organisai lainnya, dimana relasi itu berfungsi untuk meningkatkan keterampilan-keterampilan mahasiswa yang tadi telah disebutkan.

Dalam berorganisasi, banyak sekali hal yang didapat dan berguna untuk kehidupan di masyarakat. Dan pastinya dalam organisasi memiliki tujuan utama, dan semua pihak yang di dalam organisasi tersebut harus ikut ambil bagian dalam mencapai tujuan tersebut. Salah satu bentuk tindakan yang dilakukan adalah dengan menjalin relasi, baik antara sesama anggota maupun dengan organisasi lain. Karena dalam kehidupan sosial, manusia membutuhkan bantuan dari orang lain.

Bercermin dari kondisi dan realita yang ada, kami selaku Himpunan Mahasiswa Jurusan Fisika Universitas Negeri Malang berinisiatif untuk melaksanakan kegiatan yang bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan Mahasiswa tentang sistem Keorganisasian Mahasiswa dan tata pelaksanaan suatu agenda. Namun karena adanya pandemic Covid-19 yang sedang merebak diseluruh dunia ini dan pemberlakuan era new normal di Indonesia membuat kami mencari alternative lain agar tetap bias melaksanakan kegiatan ini.

Sabtu, (28/11) telah dilaksanakan SOWAN ILMU “Bersatu Padu Menuju Keserasian yang Dituju” diselenggarakan oleh HMJ Fisika Nucleon FMIPA Universitas Negeri Malang periode 2020. Kegiatan ini berlangsung dari pukul 13.00-15.00 WIB melalui Zoom Jurusan Fisika Universitas Negeri Malang yang diawali dengan Pembukaan diikuti dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Mars IHAMAFI, lalu disambung dengan sambutan-sambutan dari pihak UM dan pihak Unesa. Kegiatan dilanjutkan dengan pemaparan materi dari pihak HMJ Fisika UM dan dari pihak HMJ Fisika Unesa yang akan disampaikan oleh Ketum masing-masing.

Selanjutnya Host membagi peserta sesuai bidang masing-masing untuk berdiskusi seusai bidangnya, Host akan mengembalikan peserta lagi ke main room. Selanjutnya Pembacaan kesimpulan hasil diskusi tiap bidang dan dilanjutkan dengan sharing dan tanya jawab. Diakhiri dengan pembacaan doa  disambung dengan sesi dokumentasi dan acara ditutup oleh MC.

Kegiatan SOWAN ILMU mendapatkan antusias yang besar dari pihak Unesa, dari pihak Unesa sendiri sangat senang diadakan kegiatan ini sehingga bisa saling bertukar informasi tentang kepengurusan, pelaksanaan program kerja, dan lain hal yang berhubungan dengan keorganisasian.

“Luar biasa, dengan semangat luar biasa kami HMJ Fisika Nucleon UM dapat melaksanakan kegiatan yang melibatkan HMJ Fisika UNESA dimana kolaborasi ini bertajuk Sowan Ilmu. Kegiatan ini merupakan kunjungan HMJ Fisika UM ke HMJ Fisika UNESA. Yang menarik kali ini adalah kegiatan ini dilaksanakan secara daring, virtual menggunakan platform zoom. Hal ini membuktikan bahwa semangat untuk bersua bersama dari kedua belah pihak tidak terputus walaupun terhalang karena adanya pandemi ini. Selain silaturahmi, kegiatan ini diharapkan dapat menjadi bahan refleksi dari kedua belah pihak khususnya dalam berorganisasi. Semoga ditahun-tahun berikutnya kegiatan Sowan Ilmu terus berlanjut untuk menjadikan HMJ Fisika Nucleon lebih inovatif dan menginspirasi.” ujar Baskara Hariadi selaku Ketua Umum HMJ Fisika Nucleon 2020.

“Untuk pelaksanaannya saya rasa, yang pertama pembagian roomnya bisa lebih dipertimbangkan agar konten pembahasan sharingnya sesuai, adakah diskusi pembagian roomnya, ndak cuma terima saran dan dilaksanakan, lalu pembagian roomnya kalau kementeriannya banyak berbeda bisa diliat dari daftar proker yang dijalankan dan disesuaikan dengan bidang dan proker kita. Selanjutnya agenda di dalam diskusi bidang bisa dipadatkan apalagi kalau di pengenalan himpunan ada pengenalan proker juga, diskusi bidang bisa langsung masuk sesi tanya jawab, jadi diskusinya lebih dinamis dan pembagian waktu untuk diskusi kecil dalam bidang bisa dilamain lagi.” ujar Regin Salsabilah Hidayat selaku Ketua Bidang Kesejahteraan Masyarakat HMJ Fisika Nucleon.

“Jadi, terimakasih sebelumnya buat temen-temen Universitas Negeri Malang yang sudah mau sharing-sharing dengan kami temen-temen yang di Universitas Negeri Surabaya. Alhamdulillah, kemarin waktu sowan ilmu kami mendapatkan banyak sekali hal yang dapat kita ambil dari segi pengalaman maupun segi pengetahuan. Keren banget kemarin acara dari temen-temen UM. Harapannya mungkin bisa tetep terjalin hubungan seperti ini di tahun berikutnya. Syukur banget kalau bisa Kolaborasi dalam pembuatan acara bareng-bareng. Sukses terus untuk HMJ Fizika UM” ujar M. Dimaz Fitransyah selaku Ketua Umum HMJ Fisika Unesa.

“Alhamdulillah banyak sekali hal yang bisa kita dapat baik itu dari kondisi kedua belah pihak hima ketika melaksanakan progja baru setelah pandemi dan beberapa strategi terkait progja yang memiliki kesamaan. Dan menurut saya acara seperti sowan ilmu ini sangat bermanfaat sekali.” Ujar M. Hilmi Zaqqi selaku Kepala Departemen Kewirausahaan HMJ Fisika Unesa.

Dengan terlaksananya acara SOWAN ILMU ini semoga dapat menjadi sarana untuk saling sharing pengalaman berorganisasi antara HMJ Fisika UM dan HMJ Fisika Unesa agar kedepannya bisa mengembangkan program kerja lebih baik lagi untuk kedua HMJ Fisika.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *