Indahnya Berkurban untuk Melatih Berbagi dengan Sesama

Meningkatkan rasa kepedulian kita terhadap sesama dengan pembagian daging kepada mereka yang kurang mampu, sehingga mereka juga dapat merasakan nikmatnya makan daging yang jarang mereka makan. Manfaat dari berkurban ialah sebagai salah satu upaya dalam meningkatkan iman kepada Allah SWT. Sebagai bentuk rasa syukur kita terhadap nikmat yang telah diberikan oleh Allah SWT sekaligus sebagai suatu ritual atau ibadah dalam mengenang sejarah perjalanan kurban pada kisah nabi Ibrahim as. Dan nabi Ismail as. dalam Al – Qur’an. Berkurban dapat mensucikan harta dan jiwa, karena sebagian harta yang kita miliki merupakan hak dari mereka yang membutuhkan. Selain itu, dengan berkurban dapat mempererat tali silaturahmi antara orang yang berkurban, yang menerima daging kurban, maupun orang yang berkumpul dalam prosesi penyembelihan hewan kurban.

Pada tanggal 27 April 2021, HMJ Fisika Nucleon bersama Kerohanian Islam Fisika mengaadakan Sosialisasi Tabungan Kurban. Kegiatan ini menjelaskan terkait keutaman berkurban yang disampaikan oleh Prof. Dr. Yusuf Hanafi, S.Ag., M.Fil.I. . Antusias mahasiswa terutama mahasiswa Jurusan Fisika sangat besar dalam mengikuti kegiatan ini.

            “Program kerja tabungan kurban ini menurut saya bagus sekali ya, dimana kita sebagai mahasiswa sudah diajak untuk belajar menabung/berkurban sejak dini. Harapannya dengan adanya program ini dapat mengingatkan dan menginspirasi mahasiswa terhadap kisah nabi Ibrahim dan anaknya. Semoga program ini berjalan dengan lancar dan memperoleh antusias dari warga jurusan fisika serta membawa berkah untuk kita semua, aamiin.”, ujar Achmad Nuril Ichsanul Muttakin selaku Ketua Umum HMJ Fisika Nucleon 2021.

            “Alhamdulillah telah berjalan satu langkah lagi menuju keberkahan kurban oleh HMJ Fisika Nucleon dan Rohis Fisika. Sosialisasi Kurban yang telah terlaksana dapat menjadi dasar ilmu bagi semua temen temen yang ingin berQurban, karena suatu ibadah tentunya dijalankan dengan Ilmu. Harapannya nanti dengan adanya sosialisasi ini dapat mematik temen temen dari kalangan pemuda untuk dapat berkurban.”, ujar Andrea Faktur Rahma selaku Ketua Bidang Kesejahteraan HMJ Fisika Nucleon 2021.

Banyak manfaat yang kita peroleh dalam berkurban. Oleh karena itu, hadirlah Tabungan Kurban yang mampu menjadi solusi bagi dana kantong mahasiswa. Dengan sistem setor setor dananya bisa melalui transfer setiap saat sesuai dana yang dimiliki nasabah membuat Tabungan Kurban semakin efisien untuk kondisi pandemi saat ini. Tidak hanya itu dari panitia juga mengfollow up nasabah sehinggga  mampu mencapai target dalam berkurban sehingga niat awal berkurban dapat terealisasi dengan penyembelihan hewan kurban. Dalam penyembelihan hewan kurban nantinya akan ada serangkaian kegiatan dan pendistribusian daging kurban di sekitar Universitas Negeri Malang. Harapannya, dapat melatih mahasiswa untuk bersyukur dan berbagi bersama dalam kegiatan Kurban.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *