Kebaikan Sederhana untuk Keberkahan Bersama

Dokumentasi KHATAMAN 2020 Kebaikan Sederhana untuk Keberkahan Bersama

Kebanyakan orang termasuk mahasiswa, sekarang ini lebih mementingkan update di media sosial dan berakhir melalaikan ibadahnya. Tidak hanya sholat yang merupakan ibadah wajib yang utama, membaca Al-Quran juga sering dilupakan dengan alasan tidak ada waktu untuk membaca, ragu ketika hendak bersedekah dan lebih memilih membeli makan makanan ataupun pakaian hits untuk dipamerkan. Hal-hal tersebut merupakan beberapa contoh seseorang telah menjadi budak dunia. Ibnu Taimiyah Rahimahullah berkata “Celakalah wahai budak (hamba) dirham. Celakalah wahai budak (hamba) dinar. Celakalah wahai budak (hamba) qothifah (pakaian). Celakalah wahai budak (hamba) khomishoh (pakaian).” Budak dunia adalah perbudakan yang paling tidak terasa, enak tapi melalaikan bahkan bias menjerumuskan kepada maksiat. Kehidupan tidak berakhir hanya ketika kita mati, namun masih ada alam akhirat.Agar terhindar dari kesia-siaan, setiap individu perlu untuk memaksilmalkan kebaikan di dunia untuk kehidupan di akhiran kelak.


Pada dasarnya membaca Al-Qur’an merupakan perbuatan baik dan bacaan Qur’an juga termasuk dzikir. Untuk itu, HMJ Fisika Nucleon melaksanakan Khataman bersama. Pesertanya terdiri pengurus HMJ Fisika Nucleon yang beragama Islam dengan tema “Maksimalkan Kebaikan Melalui Al-Qur’an”. Selain itu, khataman dilaksanakan menjelang pelaksanaan ujian dengan tujuan mencari keberkahan dan ketenangan spiritual. Adanya pandemi Covid-19, mengharuskan perubahan kegiatan yang semula dilaksanakan luring menjadi daring. Media utama yang digunakan adalah grup WhatsApp pengurus HMJ Fisika Nucleon 2020.


Setelah dilaksanakan tiga kali khataman, penutupan khataman yang terakhir atau khataman III dilakukan secara sinkron melalui video Conference Zoom. Berlangsung pada hari Minggu 13 Desember 2020, penutupan khataman daring dihadiri oleh pengurus HMJ Fisika Nucleon 2020 dan Ketua Jurusan Fisika. Dimulai pada pukul 15.30 WIB dengan pembukaan dan sambutan-sambutan, dalam sambutannya Ketua Jurusan Fisika UM menyampaikan bahwa beliau sangat mendukung kegiatan khataman dan berharap agar khataman tetap dilaksanakan hingga periode selanjutnya. Kemudian dilanjutkan membaca tiga surat yaitu, Al-Ikhlas, Al-Falaq, dan An-Nas yang dipimpin oleh Achmad Nuril I. M. yang merupakan staff bidang Bakat dan Minat. Do’a penutup dibacakan secara langsung melalui Zoom oleh Nadhif Alfin C. selaku staff bidang Pengabdian Masyarakat. Acara berlangsung singkat dan ditutup pada pukul 15.57 WIB setelah sesi dokumentasi. Ada kendala jaringan saat pelaksanaan, namun acara tetap berjalan lancar.


Salah satu peserta, Risa Anggi Yosita menyampaikan, “semoga selalu diadakan khataman, agar kita selalu diberi kemudahan dalam mengerjakan suatu hal.” Beberapa yang lain mengatakan kegiatan khataman yang telah terlaksana sudah bagus dan lebih baik jika menjadi kegiatan rutin.


“Presensi sudah membaca atau belum tiap bidangnya diperhatikan, supaya kita khataman itu memang benar- khatam. Khatamannya bisa dibuat lebih umum untuk mahasiswa dan jurusan sebenernya. Pembacaan surat pas hari-H khataman bisa lebih banyak lagi dan petugasnya yang mandu gantian tiap beberapa surat, biar khidmat kegiatannya bisa lebih terasa. Jaringan petugas dan panitia diperhatikan dan dipastikan lagi supaya tidak ada yang terputus di tengah”. Tanggapan Regin Salsabilah H. selaku ketua bidang Kesejahteraan HMJ Fisika Nucleon 2020 mengenai khataman yang telah terlaksana. Dengan dilaksanakannya Khataman, diharapkan membawa berkah kepada setiap orang yang berpartisipasi.

LTB – JuzsportsShops | WS327KA , Ietp , nike kobe 8 mambacurial price in india today , Where To Buy , New Balance 327 Moonbeam Burgundy

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *