JANGAN BOSAN UNTUK MEMBACA

Bagi yang tidak suka dengan aktifitas membaca, maka buku seperti barang yang akan sangat membosankan. Membaca juga sebuah akifitas yang cukup melelahkan, karena dibutuhkan kerja otak untuk bisa menerima dan memasukkan ke dalam memori.

            Membaca merupakan akitifitas yang kompleks dengan mengerahkan sejumlah besar tindakan yang terpisah-pisah meliputi, mengamati, mempersepsi, memahami dan mengingat. Membaca juga membutuhkan kemampuan otak yang cukup brilian, mata yang berfungsi dengan baik serta beberapa organ penunjang yang lain.

            Kemampuan setiap orang dalam memahami apa yang dibaca berbeda-beda. Hal ini tergantung pada perbendaharaan yang kita miliki, minat, jankauan mata (fiksasi), kecepatan interpretasi, latar belakang pengalaman sebelumnya, kemampuan intelektual, keakraban dengan ide yang di baca, tujuan membaca dan keluwesan mengatur kecepatan. Oleh karena itu, berikut adalah tulisan mengenai teknik atau sistem membaca yang efisien.

A. Sistem Membaca dengan SQ3R

            Sistem membaca ini dikemukakan oleh Franci P. Robinson pada tahun 1941 dengan menggunakan 5 (lima) langkah yaitu :

  • Survey

            Survey atau prabaca adalah teknik untuk mengenali bahan sebelum membaca secara lengkap, dilakukan untuk mengenal ikhtiar umum yang akan dibaca. Prabaca dilakukan hanya beberapa menit tetapi dilakukan dengan cara yang sistematis. Tujuan dari survey (prabaca) ini adalah untuk mempercepat menangkap arti, mendapatkan abstrak, mengetahui ide-ide penting, melihat susunan bahan bacaan tersebut, mendapat minat perhatian yang saksama terhadap bacaan dan memudahkan mengingat lebih banyak dan memahami lebih mudah.

  • Question

            Bersamaan dengan survey, ajuka pertanyaan sebanyak-banyaknya tentang isi bacaan tersebut dengan mengubah judul atau subjudul dengan menggunakan kata-kata siapa, apa, mengapa, kapan, dimana atau bagaimana. Dengan memberikan berbagai bertanyaan, baik yang secara umum maupun detail, kita bisa lebih aktif dan mudah menangkap gagasan yang ada dalam buku tersebut.

  • Read

            Pada tahap ini konsentrasikan pada penguasaan ide pokok dan detail yang penting yang mendukung ide pokok. Kita bisa memperlambat cara membaca di bagian-bagian penting atau dianggap sulit dan mempercepat kembali pada bagian-bagian yang tidak penting atau telah kita ketahui.

  • Recite (Recall)

            Setiap selesai membaca suatu bagian, berhentilah sejenak dan mencoba menjawab pertanyaan pada bagian tersebut atau menyebutkan hal-hal penting dalam bagian tersebut. Tahap ini merupakan hal yang penting agar kita tidak mudah melupakan apa yang telah kita baca.

  • Review

            Daya ingat kita terbatas dan dibutuhkan tahap ini untuk membantu daya tahan ingatan kita dan memperjelas pemahaman hal-hal penting yang mungkin kita lewati. Caranya adalah dengan mengulangi menelusuri kembali judul dan subjudul atau bagian-bagian penting lainnya setelah menyelesaikan seluruh bacaan untuk menemukan pokok-pokok penting yang perlu diingat kembali.

Teknik  Skimming dan Scanning

            Sesungguhnya tidak setiap kata yang tercetak dalam sebuah buku harus dibaca semuanya dan tidak semua detail buku harus dipelajari. Ada bagian yang harus dibaca dua kali dan ada bagian yang bisa kita lewati tapi kita tetap dapat menyerap informasi dan gagasan dengan cepat. Teknik membaca efektif ini disebut skimming dan scanning.

  • Skimming

            Teknik membaca dengan cara memusatkan perhatian kepada ide pokok dan melompati fakta atau detail-detail informasi untuk mendapatkan ide pokok tersebut. Adapun tujuan yang dapat diperoleh dengan menggunakan teknik ini adalah mengenali topik bacaan, mengetahui pendapat (opini) orang, mendapatkan bagian penting yang kita perlukan tanpa membaca seluruhnya, mengetahui susunan penulisan (urutan ide atau hubungan antar bagian) dan penyegaran apa yang pernah kita baca.

  • Scanning

            Teknik membaca dengan langung mencari fakta atau hal tertentu yang kita butuhkan (langsung ke sasaran yang kita cari) dengan melompati ide gagasan lain yang tidak kita butuhkan. Misalnya kita akan mencari fakta khusus atau informasi tertentu (nomor telepon, angka statistik atau data tabel).

            Di atas adalah beberapa teknik membaca yang efisien sobat nucleon. Tulisan ini saya dedikasikan untuk memperingati Hari Buku Nasional pada tanggal 17 Mei. Semoga dengan adanya tulisan ini dapat memberikan tips dan memotivasi sobat nucleon untuk membaca buku. Karena buku adalah jendala dunia.

            Apabila ada salah kata pada tulisan ini saya mohon maaf dan mohon diberi saran dan masukan untuk kedepannya. Terimakasih

“Ilmu itu harus didatangi, bukan mendatangi”

Penulis : Baskara Hariadi (Ketua Umum HMJ Fisika “Nucleon” 2020)

JuzsportsShops , Achète, vends ou échange les vêtements, chaussures et accessoires que tu ne portes plus ! | nike compete run air force program

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *