Pentingnya Teori Ralat dan Keselamatan Kerja Laboratorium

Seminar Teori Ralat dan Keselamatan Kerja Laboratorium dilaksanakan pada tanggal 18 September 2021 dengan mengusung tema “Mewujudkan Saintis Muda yang Memiliki Pemahaman Teori Ralat dalam Eksperimen Sesuai Kaidah ilmiah”. Dalam seminar ini, dijelaskan mengenai apa itu teori ralat, macam-macam ralat, rumus menghitung ralat, jenis perhitungan langsung dan tak langsung, cara pengaplikasian angka penting, keselamatan kerja laboratorium, upaya pencegahan apabila terjadi kecelakaan laboratorium, dan peralatan apa yang wajib digunakan saat memasuki laboratorium.

Penyampaian materi diawali dengan video mengenai Simulasi praktikum, sistematika praktikum dan keselamatan kerja laboratorium yang di upload di Youtube HMJ Fisika.Pemateri dalam video tersebut berasal dari angkatan 2019 yaitu Yohana Theresia, Debora Wanudya Kalyana, dan Rif’atu Nuril Laily. Kegiatan ini dihadiri oleh 210 peserta dari mahasiswa baru jurusan fisika dan mahasiswa aktif Jurusan Fisika melalui conference Zoom. Pembukaan dimulai pukul 08.30 yang dibuka oleh MC. Materi pertama mengenai teori ralat yang disampaikan oleh Alif Darmawan, S.Pd. Untuk materi kedua yaitu Keselamatan Kerja Laboratorium yang disampaikan oleh Dr. Robi Kurniawan, M.Si.  Peserta sangat berantusias dibuktikan dengan banyaknya pertanyaan pada saat hari pelaksanaan.

“Alhamdulillah untuk kegiatan Seminar Teori Ralat dan Keselamatan Kerja Laboratorium berjalan dengan baik, dimana dengan adanya kegiatan ini diharapkan mampu membekali mahasiswa baru dalam melaksanakan praktikum di perkuliahan. Kegiatan ini sangat disarankan untuk mahasiswa baru karena banyak sekali hal-hal baru yang harus mereka ketahui sebelum masuk perkuliahan mulai dari sistematika laporan praktikum dengan tepat dan sebagainya. Apalagi ada kabar kalau perkuliahan akan masuk secara offline untuk mahasiswa baru, akan sangat berguna sekali mengikuti kegiatan ini. Semoga dengan adanya kegiatan dapat memberikan manfaat kepada kita semua.” Ujar Achmad Nuril Ikhsanul Muttaqin selaku Ketua Umum HMJ Fisika Nucleon 2021.

“STRKL tahun ini menurut pandangan saya terlaksana dengan cukup menarik karena pemaparan materi mudah diterima peserta. Panitia dapat mengukur pemahaman peserta melalui tes yang dilakukan. Semoga dengan terselenggaranya kegiatan ini dapat memberikan manfaat bagi peserta utamanya dalam memahami konsep praktikum yang benar.” Ujar Rhisqi Bagus Cahyono selaku Ketua Bidang Penalaran HMJ Fisika Nucleon.

“Selama kegiatan saya mendapatkan pengetahuan tentang keselamatan di laboratorium dan teori ralat, adanya seminar ini sangat menambah wawasan saya selaku mahasiswa baru fisika terkait materi yang dibahas.” Ujar Arizal Daniar selaku peserta STRKL 2021.

Dengan terlaksananya kegiatan Seminar Teori Ralat dan Keselamatan Kerja Laboratorium 2021, kami selaku panitia berharap dapat merealisasikan dan membantu mahasiswa baru memahami teori ralat, keselamatan kerja di laboratorium untuk bekal sebelum menerima mata kuliah praktikum. Semoga acara ini dapat terlaksana lebih baik di tahun depan karena sangat bermanfaat.

new nike football boots 2012 2017 – 002 – Nike Air Max 270 ESS Ανδρικά Παπούτσια Γκρι / Λευκό DM2462 | Latest Releases , IetpShops – Women’s Nike Air Jordan 1 trainers – nike lunarglide 2 boys

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *