BERITA ACARA STRKL 2020

Di zaman yang modern ini, kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi berkembang pesat. Manusia dengan kemampuan intelektualnya akan mampu mengembangkan ilmu pengetahuan dan menciptakan teknologi baru yang dibutuhkan sehingga mempermudah kehidupan manusia. Kemudahan yang diperoleh ini karena terciptanya alat dan perlengkapan yang canggih memanfaatkan perkembangan teknologi untuk berbagai kehidupan manusia sehingga lebih efektif dan efisien.

Teknologi merupakan bentuk ilmu pengetahuan terapan, dimana dalam penciptaan suatu teknologi dibutuhkan kemampuan intelektual dalam teori dan pengaplikasian teori dalam bentuk praktik. Sama halnya dengan mata kuliah praktikum, dimana mata kuliah praktikum ada untuk menguji dan membandingkan kebenaran sebuah teori dengan menerapkannya dalam permasalahan yang sesuai. Untuk dapat mewujudkan tujuan adanya mata kuliah praktikum, tentu mahasiswa harus menguasai teknik analisis data pengamatan yang diperoleh selama praktikum. Mengutip pernyataan Walter Lewin, “Any measurement that you make without the knowledge of its uncertainty is completely meaningless”, yang artinya pengukuran apapun yang anda lakukan tanpa sepengetahuan ketidakpastiannya sama sekali tidak berarti. Hal ini menunjukkan bahwa adanya analisis data dalam praktikum sangat penting karena untuk menguji kebenaran teori.


Oleh karena itu, dalam upaya mengembangkan kualitas dan daya nalar mahasiswa dalam mewujudkan praktikum yang akurat, kami selaku Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) Fisika Nucleon 2020 FMIPA Universitas Negeri Malang akan memfasilitasi mahasiswa baru khususnya dalam mempelajari teori ralat dalam acara Seminar Teori Ralat dan Keselamatan Kerja Laboratorium 2020 dengan tema “ Menciptakan Saitis Muda 5.0 melalui Pemahaman Ketidakpastian dalam Eksperimen”.

Minggu, (04/10) telah dilaksanakan Seminar Teori Ralat dan Keselamatan Kerja Laboratorium “ Menciptakan Saitis Muda 5.0 melalui Pemahaman Ketidakpastian dalam Eksperimen “ yang diselenggarakan oleh HMJ Fisika Nucleon FMIPA Universitas Negeri Malang periode 2020. Kegiatan ini berlangsung dari pukul 09.00 – 11.00 WIB melalui Zoom Jurusan Fisika Universitas Negeri Malang yang diawali dengan pembukaan, pemaparan materi bedah data yang disampaikan oleh Joko Utomo, S.Si., M.Sc selaku pemateri, dan sesi tanya jawab. Setelah acara Seminar Teori Ralat dan Keselamatan Kerja Laboratorium selesai, untuk membantu mahasiswa baru mengkaji lebih dalam lagi mengenai teori ralat, diadakanlah kegiatan mentoring di setiap offering mahasiswa baru jurusan fisika. Mentor berasal dari mahasiswa jurusan fisika yang sedang atau pernah menjadi asisten laboratorium. Kegiatan mentoring berlangsung selama satu bulan yang diakan seminggu sekali mulai tangal 05 Oktober 2020 sampai 04 November 2020.

Kegiatan Seminar Teori Ralat dan Keselamatan Kerja Laboratorium mendapatkan antusias yang cukup besar, dimana terdapat 243 peserta yang mengikuti acara ini. Peserta tidak hanya dari jurusan fisika saja, melainkan dari jurusan biologi dan pendidikan IPA. Selain itu, peserta cukup aktif dengan banyak pertanyaan yang diajukan terkait materi yang sudah dipaparkan.
“Alhamdulillah, rasa syukur selalu kita panjatkan kehadirat Allah SWT, karena atas izinnya, acara STRKL HMJ Fisika Nucleon 2020 dapat berjalan hikmat dan lancar. Dedikasi dan upaya panitia untuk menyajikan materi teori ralat ini yang menurut saya sangat penting untuk menjadi bekal khususnya mahasiswa baru dalam pembuatan laporan praktikum nantinya. Walaupun pandemi, panitia HMJ tetap berusaha memberikan wadah untuk berbagi ilmu dengan memanfaatkan teknologi video converence dan kanal youtube yang mana hal ini patut diapresiasi. Pemateri dari dosen yang sesuai dengan bidang keilmuannya diharapkan dapat menjadikan motivasi teman-teman untuk terus belajar khususnya mengenai teori ralat.Semoga ditahun-tahun berikutnya program ini terus berjalan dan membawa kebermanfaatan untuk kita semua. Aamiin”, ujar Baskara Hariadi selaku Ketua UmumHMJ Fisika Nucleon 2020.
“Kosepan acara STRKL yang diadakan kemarin sudah baik, adaptasi panitia terhadap pandemi juga sudah baik. Pematerinya, Pak Joko Utomo M.Sc. juga memang sudah ahli dalam teori ralat, kebetulan kemarin STR 2019 salah satu pematerinya beliau.

Evaluasinya menurutku lebih ke masalah waktunya. Kemarin waktu yang diberikan ke pemateri kurang, jadi penyampaian materi yang sebenarnya banyak jadi dipersingkat. Tapi hal ini diakali oleh panitia dengan diadakannya mentoring. Teori ralat adalah salah satu yang terpenting dalam praktikum fisika. Maka rekomendasi kedepannya adalah supaya program kerja ini diadakan terus tiap tahunnya.”, ujar Muhammad Taufik Asy’ari selaku Ketua Bidang Penalaran HMJ Fisika Nucleon.

“Dengan adanya STRKL ini, saya sangat terbantu untuk menyusun laporan pratikum. Banyak sekali ilmu yang bisa saya dapatkan, mulai dari menonton video STRKL di YouTube sampai materi yang hari ini dijelaskan. Kami merasa didampingin oleh kakak – kakak senior yang sudah menjadi asisten dosen dalam kegiatan mentoring. Saran untuk tahun depan, materinya bisa ditambah lagi. Jujur, saya sangat menikmati semua materi yang disajikan.”, ujar salah satu peserta yakni Nabilla.

Dengan terlaksananya acara Seminar Teori Ralat dan Keselamatan Kerja Laboratorium, semoga dapat menjadi bekal mahasiswa baru khususnya jurusan fisika dalam menempuh mata kuliah pratikum. Meskipun pada semester ini, pratikum harus diadakan di rumah masing – masing, tapi tidak menjadi penghalang dalam melakukan pratikum. Diharapkan dengan evalusi kali ini, dapat menjadikan STRKL lebih baik di tahun depan.

shock drop air force 1 full uv reactive | nike air max heritage hybrid cars parts list , Sneaker News / Release Info

One Reply to “BERITA ACARA STRKL 2020”

  1. Saya terkagum membaca artikel ini karena setelah membaca artikel ini pikiran saya menjadi terbuka. Saya sadar, selama ini saya terlalu tertutup dengan hal-hal yang baru dan merasa sudah tahu. Hal ini berimbas kepada saya yakni saya menjadi orang yang Sok Tahu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *