Bertukar Ilmu dalam Keterbatasan Pertemuan

Organisasi merupakan suatu perkumpulan atau wadah bagi sekelompok orang yang bekerja sama dengan terstruktur untuk mencapai tujuan tertentu. Lingkup organisasi bisa saja meliputi antar daerah maupun antar negara. Seperti organisasi mahasiswa imana anggotanya adalah mahasiswa yang telah melaksanakan seleksi dengan beberapa tahap. Dalam berorganisasi terebut, mahasiswa dilatih untuk mengembangkan keberanian, keterampilan public speaking, berfikir kritis, bertanggung jawab, dan lain sebagainya. Tentunya untuk mewujudkan hal tersebut, perlu diadakannya relasi yang terbentuk antar sesama anggota organisasi maupun sesama organisasi lain dengan baik. Relasi yang dimiliki dapat mendatangkan informasi-informasi yang mungkin perlu untuk diketahui. Sehingga tanpa adanya relasi tersebut, sulit bagi kita untuk mengetahui informasi-informasi yang dibutuhkan. Ditinjau dari pentingnya menjaga relasi antar sesama anggota organisasi maupun dengan sesama organisasi, untuk itu HMJ Fisika Nucleon Universitas Negeri Malang berinisiatif  melaksanakan kegiatan Sowan Ilmu. Dimana kegiatan ini bertujuan untuk berbagi pengalaman dengan HIMAFI Universitas Gajah Mada dengan harapan dapat memotivasi kedua belah pihak untuk memunculkan inovasi dalam kemajuan organisasi.

            Kegiatan ini diawali dengan publikasi pamflet dari pihak HMJ Fisika Nucleon melalui story WhatsApp dan Instagram. Selanjutnya kegiatan Sowan Ilmu ini dilaksanakan pada 14 September 2021 secara daring melalui video conference zoom. Acara kolaborasi dengan pihak HIMAFI Universitas Gajah Mada ini berjalan dengan lanjar dan terjalinnya hubungan relasi yang baik dari kedua belah pihak.

“Alhamdulillah untuk kegiatan sowan ilmu sudah berjalan dengan baik, dimana dengan adanya kegiatan ini kita mampu bertukar pikiran mengenai bagaimana berorganisasi yang baik, mau dibawa kemana arah gerak himpunan, dan saling bertukar ide gagasan dalam menghadapi konflik berorganisasi dengan Himpunan Mahasiswa Fisika Universitas Gadjah Mada. Harapannya dari apa yang sudah didiskusikan bisa memberikan manfaat terhadap masing-masing himpunan dan membawa Himpunan masing-masing kearah yang lebih baik.” Ujar Achmad Nuril selaku ketua umum HMJ Fisika Nucleon Universitas Negeri Malang.

“Acara terlalu lama (sampai malam banget), pas ke breakout room kurang koordinasi jadinya lama dan masih ada yang ketinggalan di main room, mulainya sedikit mundur, mungkin saat briefing panitia dan briefing dengan tamu/tuan rumah lebih baik kalau dipisah, dan gamesnya agak kurang seru dan kurang cocok kalau dimainkan pada saat kegiatan seperti itu.” Ujar  Yehezkiel A.S. selaku ketua umum HIMAFI Universitas Gajah Mada.

            “Sowan ini saya anggap sebagai program kerja yang sangat krusial bagi Himpunan untuk kedepannya, dimana dalam progaram kerja ini akan memberikan dampak baik untuk inovasi dan perbaikan Himpunan, baik dalam ber organisasi ataupun program kerja. Harapannya kedepan hasil dari sowan ilmu bisa menjadi bekal untuk sisa kepengurusan dan kepengurusan kedepan agar lebih baik, selain itu program ini juga diharapakan selalu terlaksana setiap kepengurusannya.” Ujar Andrea Faktur Rahman selaku ketua bidang kesejahteraan HMJ Fisika Nucleon 2021.

“Menurut saya sowan ilmu antara HMJ Fisika Nucleon dan HIMAFI UGM sangat bagus, kita bisa berkenalan, sharing sehingga mengetahui satu sama lain keadaan internal dan eksternal hima masing – masing. Namun, karena memang keterbatasan waktu dan keadaan online sehingga acaranya kurang seru dan durasi nya kurang lama, terlebih lagi terdapat kesalahan teknis dari panitia.” Ujar Putri Cahya Wulandari selaku peserta dalam acara Sowan Ilmu.

            Alhamdulillah atas berkat rahmat Tuhan Yang Maha Esa Sowan Ilmu telah berjalan dengan lancar sampai hari pelaksanaan. Tercapai sudah tujuan dari acara ini diselenggarakan sehingga adanya hubungan relasi antara kedua organisasi mahasiswa. Harapan kami selaku panitia semoga acara sowan ini bisa menambah relasi serta memotivasi kedua belah pihak untuk memunculkan inovasi dalam kemajuan berorganisasi. Dan semoga tahun depan proker ini bisa terlaksana kembali dengan organisasi mahasiswa lain dengan tujuan yang lebih baik dan hasil yang lebih baik lagi.

Air Jordan 1 Low OG Neutral Grey (2021) (W) – nike free run womens 5.0 – 100 – CZ0775 | New Balance 550 ‘Sea Salt Black’ — Jofemar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *