Kembangkan Potensi dalam Kelompok Bidang Keahlian

Ilmu fisika adalah ilmu sains yang sangat beragam dan luas pembahasannya. Terdapat beberapa Kelompok Bidang Keahlian/Keilmuan (KBK) yang dapat ditemui dalam ilmu fisika. Dengan adanya Kelompok Bidang Keahlian/Keilmuan (KBK) mampu membuat mahasiswa mengkaji lebih dalam mengenai minat serta keahlian yang dimiliki. Namun banyak mahasiswa yang kurang informasi mengenai KBK dan menyebabkan beberapa mahasiswa bingung mengenai pandangan bidang yang akan diambil ketika membuat skripsi.

Dengan adanya latar belakang tersebut dapat dilihat bahwa Kelompok Bidang Keahlian/Keilmuan (KBK) sangat penting untuk diketahui oleh para mahasiswa. Oleh karena itu, seminar KBK diselenggarakan sebagai media pembekalan mengenai Kelompok Bidang Keahlian/Keilmuan (KBK) yang terdapat di Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA). Seminar ini diadakan oleh Bidang Pengabdian Masyarakat Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) Fisika Nucleon dengan harapan akan memberikan manfaat bagi para dosen dan para mahasiswa di jurusan Fisika, terutama mahasiswa angkatan 2019 dan 2020, agar para mahasiswa dapat  mengetahui dan mengkaji lebih dalam bidang fisika sesuai dengan minat serta keahlian yang dimiliki setiap mahasiswa.

Seminar KBK memiliki fungsi sebagai sarana memfasilitasi dan membantu mengembangkan keahlian dari dosen maupun mahasiswa dalam bidang fisika. Selain itu, seminar KBK dapat membantu mahasiswa mempersiapkan diri untuk menentukan keahlian mana yang akan diambil ketika membuat skripsi. Namun salah satu fungsi penting dari adanya KBK adalah mengembangkan dan menyempurnakan silabus serta materi perkuliahan sesuai dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.

Kegiatan Seminar KBK ini memiliki tema Kupas Tuntas KBK Fisika Percepat Skripsi Ciptakan Inovasi dan diadakan selama 2 sesi yaitu sesi pertama untuk Program Studi S1 Fisika pada tanggal 24 Juli 2021 dengan materi yaitu “Astronomi dan Fisika Bumi”, “Fenomena Non Linear dan Instrumentasi Fisika”, serta “Fisika Material”. Pada sesi kedua untuk Program Studi S1 Pendidikan Fisika dilakukan pada tanggal 25 Juli 2021 dengan materi “Inovasi Pembelajaran Fisika dan Profesionalisme Guru Fisika” dan “Media Pembelajaran dan Penilaian Fisika”. Kegiatan ini dilaksanakan secara online melalui Conference Zoom. Walaupun diadakan secara online kegiatan ini dihadiri oleh 136 peserta pada hari pertama dan 121 peserta hari kedua.

“Alhamdulillah kegiatan seminar kelompok bidang keahlian untuk S1 Fisika dan S1 Pendidikan Fisika yang dilakukan pada tanggal 24-25 Juli 2021 berjalan dengan lancar, dengan adanya kegiatan ini diharapkan dapat memberikan pengetahuan lebih luas lagi mengenai kelompok bidang keahlian yang ada di Jurusan Fisika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Negeri Malang sehingga dapat membantu mahasiswa dalam menentukan arah pembuatan skripsinya nanti. Partisipasi dari mahasiswa dalam mengikuti seminar ini juga cukup baik, dapat dilihat dari keaktifan mereka dalam berdiskusi dengan pemateri. Harapan untuk kedepannya seminar seperti ini dapat dikemas lebih baik lagi agar meningkatkan minat peserta”Ujar Achmad Nuril Ichsanul Muttakhin selaku Ketua Umum HMJ Fisika Nucleon 2021.

“Seminar Kelompok Bidang Keahlian/Keilmuan (KBK) adalah suatu program yang sangat membantu mahasiswa dalam mengerjakan skripsi. Hal ini dikarenakan seorang mahasiswa perlu fokus ke dalam kelompok bidang keahliannya. Sehingga mahasiswa bisa mengefektifkan waktu dalam pembuatan skripsinya. Maka, dengan adanya Seminar KBK yang dilaksanakan pada tanggal 24-25 Juli 2021 merupakan kegiatan yang sangat dinantikan oleh para mahasiswa dan para dosen. Seminar KBK kemarin sudah cukup bagus dengan pemateri-pemateri yang sangat profesional di bidangnya”Ujar Nadhif Alfin Charizma selaku Ketua Bidang yang menangani kegiatan Seminar KBK ini.

“Seminar KBK yang dilaksanakan kemarin itu menurutku sudah bagus dan bisa membuat pikiran seorang mahasiswa yang awalnya seorang maba dan sekarang sudah semester 3 menjadi tau bahwa ditahun-tahun berikutnya dia akan memilih KBK. Lalu kegiatan kemarin juga berjalan dengan lancar sehingga informasi yang disampaikan oleh pemateri dapat diterima dengan baik oleh para peserta walaupun tetap ada kendala sinyal ketika avara berlangsung namun selebihnya sudah cukup bagus. Dan kalau bisa Seminar ini dapat diadakan setiap tahunnya agar para mahasiswa di Jurusan Fisika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Negeri Malang bisa mempersiapkan dan memantapkan pemilihan KBK nantinya”Ujar Carissa Nanda salah satu peserta Seminar KBK dari Program Studi S1 Pendidikan Fisika.

Secara garis besar kegiatan Seminar KBK ini berjalan cukup baik dan peserta sangat antusias dalam kegiatan ini. Banyak pertanyaan yang disampaikan pada saat pemaparan materi, baik dari Program Studi S1 Fisika ataupun dari Program Studi S1 Pendidikan Fisika. Diharapkan dengan diadakannya Seminar KBK ini seluruh peserta dapat mengetahui gambaran umum dari Kelompok Bidang Keahlian/Keilmuan (KBK) yang terdapat di Jurusan Fisika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Negeri Malang. Para peserta juga diharapkan dapat memilih Kelompok Bidang Keahlian/Keilmuan (KBK) yang sesuai dengan minat dan keahlian setiap peserta.

75% – تسوق أونلاين في السعودية مع خصم 25 , أحذية ازياء رياضية الجري للرجال , adidas copa mundials in color today schedule 2016 , نمشي | nike air swoopes shoes for women size – 401 – Ietp – New Air Jordan 1 High OG OSB DIAN Ochreous Chill White CD0463

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *