Meraih Beasiswa Unggulan, LPDP dan PMDSU dengan Strategi dan Informasi yang Tepat

Seminar Beasiswa 2021 merupakan kegiatan seminar beasiswa luar dan dalam negeri yang diadakan melalui video conference zoom. Kegiatan ini dilaksanakan pada hari Sabtu, 20 November 2021. Tujuan dari kegiatan ini yakni meningkatkan wawasan mahasiswa tentang beasiswa baik di dalam maupun luar negeri, menumbuhkan jiwa semangat mahasiswa untuk meraih beasiswa, dan memberikan informasi mengenai pembuatan Essai, dan Letter of Acceptance (LOA).  Sasaran dari program kerja ini yaitu mahasiswa aktif Fisika Universitas Negeri Malang dan terbuka untuk mahasiswa umum. Seminar Beasiswa dimulai pada pukul 08.30 WIB dengan rangkaian acara yaitu pembukaan, sambutan, penyampaian materi, sesi tanya jawab, dan penutup. Beasiswa yang disampaikan yaitu Beasiswa Unggulan, Beasiswa LPDP dalam negeri, dan Beasiswa PMDSU.

Pemateri pada seminar ini yaitu Diana Putri, S.E. berasal dari S1 Akuntansi (Universitas Negeri Malang) awardee Beasiswa Unggulan tahun 2017 – 2021 yang membahas mengenai seputar Beasiswa Unggulan  dan esai dalam Beasiswa Unggulan. Yoga Aldi Saputra, S.AP berasal dari S1 Ilmu Administrasi Publik (Universitas Brawijaya) awardee LPDP dalam negeri tahun 2021 – sekarang yang membahas mengenai essai serta seputar beasiswa LPDP.  Dr. Putri Cahaya Situmorang, S.Pd, M.Si berasal dari S3 Ilmu Biologi Konsentrasi Biologi Molekuler (Universitas Sumatera Utara) awardee PMDSU tahun 2018 – 2021 yang membahas mengenai Letter of Acceptance (LOA) dan seputar beasiswa PMDSU. Kegiatan ini diikuti oleh mahasiswa 120 peserta. Antusias peserta dapat dilihat dengan banyaknya pertanyaan yang diajukan.

“Alhamdulillah untuk kegiatan seminar beasiswa dapat berjalan dengan baik. Pemateri yang sudah handal dalam bidangnya menyampaikan materi masing-masing beasiswa dengan menarik sehingga membuat peserta lebih antusias dalam mengikuti kegiatan ini yang kemudian aktif dalam sesi diskusi dengan pemateri. Harapannya dengan adanya seminar ini dapat memberikan tips dan trik sehingga akan banyak peserta yang mendapatkan besiswa baik dalam maupun luar negeri.” Ujar Achmad Nuril Ikhsanul Muttaqin selaku Ketua Umum HMJ Fisika Nucleon 2021.

“Kegiatan seperti ini sangat bermanfaat. Semoga peserta terbantu untuk mendapat beasiswa dengan adanya kegiatan ini.” Ujar Rhisqi Bagus Cahyono selaku Ketua Bidang Penalaran HMJ Fisika Nucleon.

“Seminar Beasiswa ini memberi pengetahuan, wawasan, serta semangat motivasi bagi saya terkait pemerolehan atau keikutsertaan dalam program beasiswa-beasiswa.” Ujar Firman Qashdus Sabil selaku peserta Seminar Beasiswa 2021

        Dengan terlaksananya kegiatan Seminar Beasiswa 2021 ini diharapkan nanti akan ada kegiatan serupa yang lebih baik dengan persiapan konsepan yang lebih  matang. Kegiatan seperti ini dapat dilakukan setiap tahun dengan menghadirkan pemateri yang luar biasa. Memberikan seputar informasi yang bermanfaat bagi banyak orang serta dapat mengantarkan mereka meraih beasiswa dengan strategi dan cara yang tepat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *