Mengasah Public Speaking dengan Poadcast

Akhir – akhir ini, banyak sekali content creator maupun influencer yang terjun dalam pembuatan konten berbasis siaran radio atau yang sering kita sebut sebagai podcast. Ketertarikan masyarakat terhadap media ini pun semakin meningkat setiap waktunya, hal ini selaras dengan hasil research oleh Edison Research dan Triton Digital lewat Oberlo dimana dikatakan bahwa, penggemar podcast selalu berkembang setiap tahunnya. Penelitian tersebut juga memperlihatkan bahwa masyarakat secara teratur mendengarkan podcast selama sekitar lima jam perminggu.

Lantas, sebenarnya apa sih yang membuat podcast kini menjadi media yang sangat digemari oleh masyarakat? Ya, dikemas dengan gaya yang santai dari segi bahasa dan penyampaian menjadi salah satu faktor banyaknya masyarakat Indonesia yang mulai menyukai media ini. Selain itu podcast juga terkesan flexible karena dapat didengarkan kapan pun dan di manapun, bahkan saat sedang melakukan aktivitas di luar ruangan seperti misalnya dalam perjalanan ke sekolah, kampus, ataupun kantor. Kita hanya perlu membuka aplikasi podcast pada ponsel, tablet, atau komputer yang terhubung maupun tidak terhubung dengan earphone kemudian memutarnya.

Podcast sendiri dibagi menjadi beberapa macam tipe, antara lain podcast interview yang memiliki narasumber dan host, podcast solo yang biasanya menyampaikan opini pribadi, dan juga podcast multi-host yang diisi oleh dua host atau lebih. Menarik bukan? Atau mungkin, sudah ada niat mecoba tapi bingung mulai darimana? Nah, dengan adanya Seminar Daring Podcast bersama Kak Fairuz Yaumil Afra diharapkan mampu memotivasi sekaligus membantu teman – teman khususnya mahasiswa lewat materi – materi yang disampaikan oleh pemateri pada kegiatan ini.

Seminar Daring Podcast yang bertema “Kupas Seni Podcast, Audio Orisinal Digital Masa Kini.” Telah berhasil dilaksanakan pada Kamis, 19 September 2021 melalui Video Conference Zoom yang dihadiri oleh 50 peserta. Peserta yang mengikuti kegiatan ini terlihat antusias dan mengikuti jalannya acara dengan baik, hal ini terbukti dengan cukup banyaknya yang bertanya di forum saat sesi tanya jawab sehingga pemateri tidak dapat menjawab seluruh pertanyaan yang diajukan.

Kegiatan Seminar Daring Podcast dilanjutkan dengan adanya lomba voice over dimana perlombaan ini berlangsung mulai tanggal 19 – 28 September 2021 serta pengumuman juara pada 30 September 2021. Juara pada kegiatan ini dipilih dan nilai langsung oleh pemateri dan telah terpilih pula juara – juara tersebut antara lain Intan Shahira sebagai Juara ke-3, Reza Nur Noviyana sebagai Juara ke-2, dan Khoirul Kasanah sebagai Juara ke-1.

“Alhamdulillah untuk kegiatan seminar daring podcast  berjalan dengan baik dimana dengan adanya kegiatan ini dapat menambah wawasan peserta mengenai seni dari podcast yang bisa dibilang untuk sekarang ini banyak diminati oleh masyarakat khususnya generasi milenial. Harapannya dari kegiatan ini dapat memunculkan generasi-generasi milenial yang mampu membawa seni podcast ini ke arah yang lebih baik dan menarik di kalangan masyarakat. Selain itu, dalam kegiatan seminar ini juga terdapat sedikit follow up berupa lomba voice over untuk peserta seminar, agar mereka tetap dapat berkarya di tengah pandemi” Ujar Achmad Nuril M. Selaku Ketua HMJ Fisika Nucleon.

“Puji syukur ke hadirat Allah, oleh karena rahmatNya, HMJ Fisika Nucleon telah menyelenggarakan Seminar Daring Podcast pada tanggal 19 September 2021. Adanya Seminar Daring Podcast ini diharapkan dapat menjadi sarana bagi para mahasiswa/i untuk belajar dan mengekspresikan bakat dan kemampuan diri melalui karya mereka masing-masing khususnya dalam seni berbicara. Meski masih terdapat kekurangan, para panitia telah berusaha semaksimal mungkin untuk menyusun Seminar Daring Podcast agar dapat membawa kebermanfaatan bagi kita semua. Semoga dengan adanya acara ini, dapat meningkatkan motivasi bagi para mahasiswa/i untuk dapat terus berkarya serta mengekspresikan diri dan kiranya acara ini dapat secara berkelanjutan dikembangkan di kepengurusan selanjutnya.” Ucap Fiona Putri P.M Selaku Ketua Bidang Bakat dan Minat.

“Seminar daring podcast disajikan dengan menarik yang pastinya menambah banyak wawasan bagi para pesertanya mengenai bagaimana cara menyajikan podcast dengan baik dan benar, seminar ini juga bisa menjadi sumber relasi bagi para pecinta podcast karena pada akhir acara diberikan banyak link media sosial yang terdiri atas kumpulan para penyaji podcast. Seminar ini juga mengadakan lomba podcast yang dapat digunakan sebagai tempat mengasah skill podcast para pesertanya. Harapan dari adanya seminar ini yaitu, semoga penyajian podcast kedepannya bisa dikemas lebih baik lagi dan dapat menarik minat kalangan lainnya” Ujar Vina Anggraini selaku peserta Seminar Daring Podcast.

            Dengan adanya kegiatan ini kami berharap teman – teman dapat mengambil pelajaran dari apa yang telah disampaikan dan menjadikan kegiatan ini menjadi kegiatan yang dapat bermanfaat bagi kita semua. Remember, “Do Something Today that Your Future Self  Will Thank You For.”

shock drop air force 1 full uv reactive | Nike Air Force 1 for Women & Men – Buy Online – Ietp

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *