Berita Acara Osilasi

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, arti kata “Orientasi” adalah sebuah peninjauan untuk menentukan sikap (arah, tempat, dan sebagainya) yang tepat dan benar. Sebagai sekolompok orang yang baru masuk di lingkungan baru, mereka semua membutuhkan arahan utuk beradaptasi dengan lingkungan barunya. Sama seperti mahasiswa yang baru memasuki dunia kampus setelah menghabiskan masa pendidikannya dijenjang sekolah. Mereka semua membutuhkan arahan untuk bisa beradaptasi di lingkungan kampus yang aturannya jauh berbeda dengan sekolah sebelumnya.

Himpunan Mahasiwa Jurusan (HMJ) Fisika Nucleon adalah suatu organisasi kemahasiswaan jurusan fisika yang berada di Universitas Negeri Malang. Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) sendiri merupakan organisasi yang salah satu fungsinya sebagai wadah bagi mahasiswa untuk menciptakan keaktifatan, solidaritas, dan kreatifitas mahasiswanya. Setiap organisasi pastinya mempunyai visi dan misi, begitupun juga HMJ Fisika Nucleon. Visi dari HMJ Fisika Nucleon sendiri adalah mewujudkan himpunan mahasiswa percontohan yang berlandaskan pancasila dan tridharma perguruan tinggi menuju karakter unggul, intelektual, dan manajemen dalam koridor orientasi pengembangan kualitas civitas akademik jurusan fisika Universitas Negeri Malang.

Mahasiswa merupakan anak didik yang menjalani pendidikan tinggi disebuah Perguruan Tinggi. Mahasiswa tidak hanya dituntut cakap dalam ilmu pengetahuan tetapi juga memiliki jiwa kepemimpinan dan rasa sosial yang tinggi terhadap lingkungan sekitarnya. Untuk menggali potensi tersebut dibutuhkannya suatu wadah aspirasi yang berguna untuk melatih mental tiap individu, agar senantiasa menjadi pribadi yang handal dalam menghadapi segala macam persoalan yang ada.

Salah satunya adalah kegiatan Orientasi Lingkungan Fisika (OSILASI) yang diadakan oleh Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) Fisika Nucleon. Kegiatan ini diadakan sebagai sarana yang dapat memberikan dampak dan pandangan positif sehingga diharapkan dapat menjalin hubungan silaturahmi yang baik antar mahasiswa, himpunan, dan lembaga. Juga membina solidaritas, meningkatkan jiwa kepemimpinan, rasa tanggung jawab, dan manfaat yang besar. Sehubung dengan surat edaran nomor 8.6.35/UN32/TU/2020 yang dikeluarkan oleh Universitas Negeri Malang, dimana ditetapkannya peraturan secara daring untuk setiap kegiatan masal akibat dari pandemi covid-19. Maka, OSILASI dilaksanakan secara online dengan menggunakan aplikasi zoom di kediaman masing masing. Kegiatan ini diadakan tepat awal ajaran baru dan diikuti oleh mahasiswa baru 2020 sebagai pesertanya. Pelaksanaan kegiatan ini untuk membentuk karakter kepemimpinan serta memperkenalkan lingkup jurusan, fakultas maupun lingkup kampus Universitas Negeri Malang.

Kegiatan OSILASI dibagi menjadi dua sesi yaitu pada tanggal 26 September 2020 dengan materi “Etika Perkuliahan Daring dan Luring” serta “Syarat Administratif Beasiswa”. Lalu juga diadakan pada tanggal 27 September 2020 dengan materi “Informasi Beasiswa” dan “Pengenalan Jurnal”. Diawali dengan pembukaan acara oleh Kepala Jurusan Fisika Universitas Negeri Malang. Karena dampak dari COVID-19 kegiatan ini dilaksanakan melalui media zoom berkapasitas 300 peserta.

Kegiatan ini dilaksanakan pukul 07.00-11.00. Diawali pembukaan oleh MC dengan memberikan kesempatan untuk Kepala Jurusan dan Ketua Umum HMJ Fisika Universitas Negeri Malang menyambut mahasiswa baru 2020. Lalu dilanjut dengan menyanyikan lagu Indonesia raya, Mars UM, dan Hymne UM. Sebelum memulai pemaparan materi, diawali dengan ‘pengecekan’ barang maba oleh panitia. Barang yang dimaksud yaitu buku tulis, bolpoint, penggaris, dan tip ex. Barulah setelah pengecekan barang dilanjut pemaparan materi oleh para pemateri. Setelah acara diakhiri, maba diarahkan untuk menonton video yang sudah terupload di youtube HMJ Fisika UM dengan materi Managemen Diri dan Waktu, IHAMAFI, Peran Aktifis dalam Masyarakat, Pengenalan USRC, Pengenalan Ts, Serta Kiat Sukses di Masa Pandemi. Tidak lupa materi yang tersampaikan diresume dan dikumpulkan ke PJ kelompok. Selama 2 hari pelaksanaan kegiatan para maba diberikan tugas tambahan yaitu berupa pembuatan biodata dosen fisika UM, Poster, Mind Map, Yel-yel, Pembuatan Essay, dan Video Essay. Kegiatan acara pada hari pertama dan kedua kurang lebih sama. Meskipun banyak sekali tugas yang diberikan, namun panitia juga menyiapkan sebuat games. Games disini diadakan dengan tujuan agar maba bisa saling berinteraksi dengan anggota kelompok lain. Games dilakukan dengan melakukan video call bersama kelompok lain yang nantinya bukti berupa screenshot akan diupload di akun instagram masing-masing.

Alhamdulillah, pada hari sabtu dan minggu tanggal 26,27 September 2020 sudah terlaksana program dari kami HMJ Fisika Nucleon yaitu OSILASI (Orientasi Lingkungan Fisika). Saya sangat berterimakasih kepada panitia pelaksana walaupun acara ini dilakukan dalam jaringan, panitia tetap dapat melaksanakan acara ini dengan baik. Peran panitia dalam mengambil sikap yang sangat kreatif dan solutif patut di apresiasi. Saya juga berterimakasih banyak kepada para pemateri pengisi acara yang mana materi yang disampaikan benar benar sangat bermanfaat khususnya untuk Mahasiswa Baru. Tampak juga Mahasiswa Baru sangat antusias dan tertib dalam mengikuti serangkaian acara ini. Harapannya dengan adanya acara ini Mahasiswa Baru dapat beradaptasi dengan dunia perkuliahan dimasa pandemi seperti sekarang ini. Semoga apa yang dilaksanakan dapat menjadi berkah kita semua. Terimakasih.” Ujar Baskara Hariadi, sebagai ketua umum HMJ Fisika Nucloon Universitas Negeri Malang.

“OSILASI merupakan salah satu kegiatan rutin yang dilaksanakan pada setiap tahunnya, yang ditujukan untuk pengenalan linkungan fisika kepada mahasiswa baru. Pada setiap tahunnya selalu ada inovasi kegiatan yang menarik. Osilasi tahun ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Selain dilaksanakan secara online karena adanya pandemi, nama kegiatan juga berubah yang semula PLT menjadi OSILASI. Sehingga dengan pemilihan nama tersebut dapat lebih merepresentasikan jurusan fisika sendiri. Konsep acara juga dikemas dengan baik. Mahasiswa baru tetap mendapatkan ilmu yang sangat bermanfaat dengan adanya materi-materi yang telah dirancang dan disesuaikan dengan kebutuhan mahasiswa baru baik yang disampaikan pada saat Zoom maupun di Youtube. Selain itu pemberian tugas-tugas juga sudah disesuaikan dengan tujuan kegiatan OSILASI ini. Yang menarik dari kegiatan ini yaitu adanya papermob virtual yang sangat keren dan berbeda, karena pada tahun-tahun sebelumnya tidak ada kegiatan papermob.  Evaluasi dari kegiatan ini yaitu lebih dipersiapkan lagi untuk konsep kegiatannya apalagi jika dilaksanakan secara daring seperti ini, karena kendalanya tidak hanya datang dari panitia maupun peserta sendiri tetapi juga ada kendala eksternal seperti sinyal, kuota, dsb sehingga harus ada persiapan dan solusi yang maksimal. Rekomendasi untuk kegiatan ini yaitu saya berharap kegiatan OSILASI ini tetap dilaksanakan setiap tahunnya sebagai wadah untuk memperkenalkan lingkungan jurusan kepada mahasiswa baru dengan menambah inovasi-inovasi baru yang unik untuk menunjang kegiatan ini, sehingga bisa lebih baik dari tahun-tahun yang sebelumnya.” Ujar Karira Risma, Sebagai Ketua Bidang yang menaungi kegiatan ini.

“Kegiatan Osilasi yang diadakan HMJ Fisika Nucleon tanggal 26-27 September 2020 kemarin sangat bermanfaat. Karena kita sebagai mahasiswa baru tidak hanya diberi ilmu tentang lingkup fisika saja akan tetapi juga diberi informasi terkait kegiatan dan hal-hal apa saja yang dapat menunjang semangat belajar dan kesuksesan dimasa mendatang. Acaranya sangat seru dan menyenangkan walaupun hanya melalui sinkron asinkron. Saya berharap untuk kedepannya kakak-kakak panitia tetap semangat dan sukses agar bisa mengadakan kembali kegiatan yang lebih seru, meriah, dan pastinya tetap memberikan informasi yang bermanfaat bagi mahasiswa baru, serta lebih mempertimbangkan waktu dari pemateri agar semua informasi dari pemateri dapat disampaikan dengan jelas dan luas kepada kami. Terimakasih kasih banyak, sukses selaluu.” Ujar Carrisa, Salah satu Mahasiswa Baru Jurusan Fisika di tahun 2020 Secara garis besar mahasiswa baru yang mengikuti OSILASI (Orientasasi Lingkungan Fisika) ini cukup antusias. Banyak pertanyaan yang diajukan pada saat pemaparan materi, dan pada akhir sesi sharing perwakilan maba menyatakan bahwa merasa senang karena diadakannya Orientasi Lingkungan Fisika (OSILASI) ini. Dan harapannya dengan diadakan kegiatan OSILASI ini seluruh maba bisa merasakan bagaimana keseruan Orientasi Lingkungan ditahun tahun sebelumnya yang diadakan secara luring. Adanya wabah ini tidak menghalangi panitia untuk menciptakan suatu kegiatan yang memberikan sedikit arahan bagaimana cara bersosial di lingkungan fisika kepada mahasiswa baru. Dan memberikan gambaran bagaimana cara menciptakan jiwa jiwa sebagai mahasiswa, serta sebagai wadah untuk saling mengenal satu sama lain di angkatan 2020.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *