Pengenalan Jurusan Fisika Universitas Negeri Malang kepada Mahasiswa Baru secara Online

Dokumentasi OSILASI

Mahasiswa merupakan anak didik yang menjalani pendidikan tinggi disebuah Perguruan Tinggi. Sebelum merasakan dunia mahasiswa Perguruan Tinggi, mereka tentunya mengalami masa menjadi seorang siswa di sebuah sekolah. Usaha yang mereka kerahkan untuk masuk ke dalam perguruan tinggi bisa dikatakan sangat berat. Namun, hal yang lebih berat ialah beradaptasi dengan lingkungan baru sebagai mahasiswa, dan menjalankan kewajiban secara tuntas sebagai mahasiswa. Mahasiswa tidak hanya dituntut cakap dalam ilmu pengetahuan, tetapi juga memiliki jiwa kreatif dan rasa sosial tinggi terhadap lingkungan. Di zaman sekarang diperlukan inovasi-inovasi yang berasal dari generasi muda untuk membawa dunia ke era selanjutnya. Untuk menggali potensi tersebut, dibutuhkan suatu wadah aspirasi yang berguna untuk melatih mental tiap individu agar senantiasa menjadi pribadi yang handal dalam menghadapi setiap persoalan.

Dokumentasi OSILASI

Dalam suatu jurusan pastinya memiliki sebuah organisasi yang dapat menampung aspirasi, dan menjadi wadah untuk menggalih potensi, inovasi, informasi bagi mahasiswanya. Salah satunya adalah Himpunan Mahasiwa Jurusan (HMJ) Fisika Nucleon, merupakan suatu organisasi kemahasiswaan jurusan fisika yang berada di Universitas Negeri Malang. Visi dari HMJ Fisika Nucleon sendiri adalah mewujudkan himpunan mahasiswa percontohan yang berlandaskan pancasila dan tridharma perguruan tinggi menuju karakter yang aktif, kreatif, sistematis, dan evaluatif serta bertaqwa kepada Tuhan. Himpunan Mahasiwa Jurusan (HMJ) Fisika Nucleon sendiri terbagi atas 4 Bidang yang dimana salah satu bidang memiliki tupoksi menjunjung tri dharma perguruan tinggi. Salah satu program kerja yang dirancang ialah orientasi kepada mahasiswa baru untuk memperkenalan jurusan, yang berada dibawah naungan bidang pengabdian masyarakat divisi pembekalan mahasiswa Himpunan Mahasiwa Jurusan (HMJ) Fisika Nucleon.

 “Orientasi” dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) merupakan sebuah peninjauan untuk menentukan sikap (arah, tempat, dan sebagainya) yang tepat dan benar. Sebagai sekelompok orang yang baru masuk di lingkungan baru, mereka semua membutuhkan arahan utuk beradaptasi dengan lingkungan barunya. Sama seperti mahasiswa yang baru memasuki dunia kampus setelah menghabiskan masa pendidikannya dijenjang sekolah. Mereka semua membutuhkan arahan untuk bisa beradaptasi di lingkungan kampus yang aturannya jauh berbeda dengan sekolah sebelumnya.

OSILASI atau disebut juga dengan Orientasi Lingkungan Fisika merupakan sebuah program kerja yang dirancang oleh Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) Fisika Nucleon dengan tujuan untuk memperoleh informasi mengenai Jurusan Fisika UM, memperkenalkan unsur pimpinan dan staff pengajar Jurusan Fisika, memperkenalkan Organisasi Jurusan Fisika, serta memberikan semangat belajar dan motivasi bagi mahasiswa baru Jurusan Fisika. Kegiatan ini juga diikuti oleh kurang lebih 220 mahasiswa baru, dan beberapa undangan. Dalam acara ini turut dihadiri oleh Ketua Jurusan Fisika yaitu Dr. Hari Wisodo M. Si., dan Pembina Himpunan Mahasiwa Jurusan (HMJ) Fisika Nucleon yaitu Bapak Bakhrul Rizky Kurniawan, M.Pd.

Bertepat pada tanggal 11 – 12 September 2021, OSILASI 2021 kembali dilaksanakan secara daring melalui platform zoom meeting. OSILASI pada tahun ini mengusung tema “Mewujudkan Karakter Fisikawan Aksi (Aktif, Kreatif, Sistematis, dan Evaluatif)” dengan agenda kegiatan yang sangat menarik. Pada hari pertama terdapat 3 materi yaitu Etika Perkuliahan Daring dan Luring oleh Bapak Bakhrul Rizky Kurniawan, M. Pd, Syarat Administratif Beasiswa oleh Bapak Joko Utomo, Leadership dan Bela Negara oleh Baskara Hariadi. Kemudian dalam acara dilengkapi dengan penugasan dan games yang sangat seru pastinya.

“Alhamdulillah untuk kegiatan orientasi lingkungan fisika atau yang biasa disebut OSILASI dapat berjalan dengan lancar dimana dengan adanya kegiatan ini diharapkan mampu membekali mahasiswa baru untuk mengenal kampus dan khususnya jurusan kita yakni jurusan fisika. Dilihat dari antusias mahasiswa baru dalam mengikuti kegiatan ini menandakan bahwa kegiatan ini sangat menarik dan tentunya memberikan manfaat. Semoga ketika nantinya perkuliahan sudah dilaksanakan secara offline mahasiswa baru dapat beradaptasi dengan lebih cepat, tepat, dan lebih baik. Sehingga perkuliahan offline dapat berjalan.” Ujar Acmad Nuril Ichsanul Muttakhin, selaku Ketua Umum HMJ Fisika Nucleon Universitas Negeri Malang.

“Menurut saya kegiatan OSILASI yang telah dilakukan selama dua hari bagi mahasiswa baru sudah berjalan dengan baik. Pemateri juga menyampaikan materi dengan asik sehingga peserta antusias selama penyampaian materi. Respon yang diberikan peserta juga baik membuktikan acara berhasil. Terlepas dari semua kendala yang ada panitia dapat mengatasi sehingga OSILASI tetap berjalan lancar goodjob.” Ujar Nadhif Alfin Charizma, selaku Ketua Bidang Pengabdian Masyarakat.

“Acaranya seru, MC bisa bawa suasana jadi engga bosen. Pematerinya juga menyampaikan materi dengan baik. Untuk tugas Pappermob diberi batas max  durasi untuk video, karena jika tidak diberi batas max setiap perserta durasinya ga akan sama. Kasian editor HMJ yang ngedit.” Ujar Nafisah, selaku peserta OSILASI 2021.

Meskipun kegiatan diadakan secara daring tidak membuat mahasiswa menjadi acuh akan kegiatan ini. Pelaksanaan acara berjalan lancar, meskipun terdapat hambatan yang dialami para panitia mampu mengatasinya dengan cepat. Penugasan dan segala rangkaian acara berjalan dengan maksimal yang dihadiri oleh peserta mahasiswa baru dan juga para undangan. Kegiatan ini diadakan sebagai sarana yang dapat memberikan dampak dan pandangan positif sehingga diharapkan dapat menjalin hubungan silaturahmi yang baik antar mahasiswa baru, himpunan, dan warga fisika lainnya. Materi dan penugasan yang diberikan juga diharapkan mampu untuk membantu proses adaptasi dari mahasiswa baru di lingkungan Jurusan Fisika.

nike-dunk-low-coast-uncl | Ietp – nike zoom kobe v 2009 black friday sale today 2016 – Buy Online – Nike Air Force 1 for Women & Men

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *