Wujudkan Fisikawan Muda Luar Biasa Bersama NuPhO 2021

Babak Grand Final NuPhO 2021

Perkembangan di berbagai bidang terutama bidang sains dan teknologi mendorong peningkatan kualitas pengolahan sumber daya manusia. Sebagaimana, pemerintah maupun instansi-instansi di Indonesia berlomba-lomba mewujudkan sumber daya manusia dengan kemampuan intelektual yang dapat bersaing dengan daerah bahkan dengan negara lain. Sistem pendidikan Indonesia yang masih tertinggal dari negara maju dan usaha mengejar ketertinggalan tersebut dengan cara yang terkesan dipaksakan. Hal tersebut menyebabkan perkembangan sisi kreativitas peserta didik di Indonesia relatif kurang.

Dokumentasi Spesial Webinar NuPhO

Himpunan Mahasiswa Jurusan Fisika Nucleon Universitas Negeri Malang terdorong untuk memfasilitasi siswa-siswi se-Indonesia dalam menanamkan jiwa kompetitif bangsa dengan bersaing secara sportif dan kreatif guna menguji kemampuannya dalam pengetahuan agar kelak menjadi generasi yang berkualitas dan mampu bersaing dengan negara lain khusunya dalam bidang IPTEK. Oleh karena itu, diadakannya sebuah event Kompetisi Fisika Nasional (NuPhO) dengan tema “Create Extraordinary physicist to Beyond Limit”, dimana hal ini merupakan langkah nyata dalam meningkatkan kualitas generasi muda bangsa untuk mengasah kemampuannnya dalam merespon persaingan yang lebih global di era kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi yang semakin pesat.

Dokumentasi Panitia

Kompetisi Fisika Nasional (NuPhO) 2021 tingkat SMA/MA se-derajat dan SMP/MTs se-derajat berlangsung secara sukses mulai dari babak penyisihan (3/10/21), semifinal (17/10/21), final (24/10/21), hingga babak grand final (31/10/21). Keseluruhan babak dilaksanakan menggunakan sistem daring yang diikuti sebanyak 292 tim yang terdiri dari 118 tim tingkat SMP dan 174 tim untuk tingkat SMA. Pada babak penyisihan terdiri dari soal yang berbentuk pilihan ganda berbobot. Bentuk soal pada babak semifinal berupa esai dan sebab-akibat. Untuk babak final terdapat 2 sesi yaitu esai bertingkat dan presentasi aplikasi teknologi. Pada babak terakhir atau babak grand final, terdapat 3 sesi yaitu NuPhO’s Problem Solving (NPS), Quiz and Crossword (Q-Word), dan NuPhO’s Scientific Reasoning (NSR).

Dokumentasi Keseruan Peserta NuPhO 2021

“Alhamdulillah untuk kegiatan Kompetisi Fisika Nasional NuPhO dapat berjalan dengan lancar, dimana kegiatan ini diikuti oleh antusias para peserta dari SMP dan SMA sederajat walaupun terlaksana secara daring. Mulai dari babak penyisihan sampai grand final sudah terlaksana yang harapannya tentu adalah menumbuhkan jiwa fisikawan muda dan sportivitas pada kader-kader penerus bangsa. Ada beberapa hal yang menarik dalam pelaksanaan NuPhO tahun ini dimana peserta juga mendapatkan fasilitas berupa webinar spesial untuk meningkatkan pengetahuan seputar fisika dan ada bincang menarik seputar NuPhO juga yang membahas mulai dari sejarah NuPhO dan kabar yang dapat juara NuPhO beberapa tahun lalu. Semoga kedepannya NuPhO dapat berjalan lebih baik lagi dan akan lebih menarik lagi jika sudah bisa dilaksanakan secara offline.” Ujar Ketua Umum HMJ Fisika Nucleon 2021.

Keseruan Babak Grand Final Peserta NuPhO 2021

“Soal-soal yang diberikan sangat menantang dan sangat baik, terdapat beberapa tingkatan mudah, sedang, dan tinggi. Untuk saran, mungkin dibuatkan grup agar mempermudah koordinasi terutama terkait timeline. Karena kemarin saya yang tidak baca mungkin beberapa kali melihat pengumumannya kapan di web belum ada tanggalnya kapan. Tapi secara keseluruhan sudah baik.” Ujar guru pendamping SMP Syubbanul Wathon Tegalrejo, Magelang.

Kami berharap kegiatan ini dapat bermafaat dan lebih dikenal masyarakat luas. Selain itu, dapat mewujudkan fisikawan muda sebagai generasi yang berkualitas dan mampu bersaing dengan negara lain yang tentunya bisa mengharumkan nama bangsa Indonesia. Semoga tahun depan Kompetisi Fisika Nasional (NuPhO) dapat terlaksana lebih baik lagi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *