Ajang Pencarian Mahasiswa Terbaik Fisika sebagai Upaya Persiapan KN-MIPA 2021

Dokumentasi NudCom

Kemajuan bidang sains dan teknologi semakin pesat di zaman yang serba mudah ini. Perkembangan di segala bidang mendorong meningkatkan kualitas terutama dalam hal pengolahan sumber daya manusia. Sumber daya manusia yang berkualitas tidak hanya menguasai prinsip-prinsip dasar sebuah ilmu, melainkan juga mampu mengaplikasikannya dalam sebuah permasalahan dan dapat memberikan solusi yang terbaik. Kemampuan berpikir kreatif dan menemukan suatu ide-ide yang dapat mengatasi berbagai masalah merupakan modal yang sangat penting bagi peningkatan sumber daya manusia.

Berbagai cara telah ditempuh oleh pemerintah maupun instansi-instansi di Indonesia untuk mewujudkan sumber daya manusia yang berkemampuan intelektual, agar mampu bersaing dengan daerah bahkan dengan negara lain, salah satunya dengan diadakannya kompetisi. Ajang kompetisi adalah salah satu kegiatan untuk menunjukkan kemampuan dalam hal pengetahuan. Para peserta yang mengikuti kegiatan ini akan diuji pengetahuannya dan merasakan tantangan untuk menyelesaikan babak demi babak, hingga akhirnya menjadi juara.

Mahasiswa sebagai Agent of Change diharapkan mampu membawa perubahan untuk negeri tercinta Indonesia. Oleh karena itu, sebagai bentuk wadah mahasiswa untuk berkompetisi dalam menunjukkan dan menguji kemampuan pengetahuannya, khususnya bidang fisika, kami selaku Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) Fisika Nucleon 2021 FMIPA Universitas Negeri Malang memfasilitasi mahasiswa Jurusan Fisika dengan mengadakan kompetisi yaitu Nucleon Delegation Competition 2021. Dalam ajang ini, mahasiswa diharapkan dapat termotivasi untuk mengasah kemampuannya dalam dalam bidang fisika sehingga mampu bersaing untuk menjadi yang terbaik.

Dalam rangka pencarian mahasiswa terbaik yang akan diikutkan dalam seleksi jurusan KN-MIPA 2021, HMJ Fisika Nucleon 2021 mengadakan kompetisi yang dilaksanakan pada Sabtu, 1 Mei 2021 melalui video conference google meet (online). Sebelum kompetisi, para mahasiswa diberikan pembinaan sebagai bekal untuk melakukan tes tulis tahap pertama yang dilaksanakan pada tanggal 17-30 April 2021 dengan pematerinya yaitu dosen Fisika dari Universitas Negeri Malang dan juga pemateri dari kakak tingkat yang sudah berpengalaman mengikuti KN-MIPA. Kegiatan ini diperuntukkan bagi mahasiswa angkatan 2018 sampai 2020 jurusan fisika FMIPA Universitas Negeri Malang. Dalam kompetisi Sabtu kemarin, para pendaftar sangat antusias mengikuti tes tulisnya, meskipun pada pembinaan seringkali tidak hadir. Hal ini terjadi dikarenakan adanya bentrok antara jadwal pembinaan dengan jadwal kelas, berhubung jadwal pembinaan disesuaikan dengan kemauan pemateri. Kegiatan ini sangat bermanfaat bagi para peserta, karena dengan diadakannya pembinaan sebelum kompetisi tentunya ilmu yang didapatkan akan semakin bertambah sehingga peserta lebih siap dalam mengadapi tes tulis tahap pertamanya.

”Program kerja Nucleon Delegation Competition sangat menarik sekali ya, karena dengan adanya program kerja ini akan menambah semangat mahasiswa dalam mengikuti ajang kompetisi. Antusias mahasiswa dalam mengikuti kompetisi ini juga bisa dibilang cukup, dapat dilihat dari jumlah pendaftar mencapai 40 peserta lebih. Saya berharap warga mahasiswa fisika kedepannya lebih antusias lagi dalam mengikuti ajang kompetisi, tidak hanya di lingkup Universitas Negeri Malang namun juga lebih dari itu, dapat tingkat nasional bahkan internasional.”, ujar Achmad Nuril Ichsanul Muttakhin selaku Ketua Umum HMJ Fisika Nucleon 2021.

 “NuDCom merupakan kompetisi fisika tingkat jurusan guna persiapan KN MIPA. Materi yang diujikan disesuaikan dengan silabus KN MIPA terbaru. Harapan saya semoga dengan terlaksananya kegiatan ini dapat memberikan manfaat dan yang mendapatkan amanah untuk menjadi delegasi KN MIPA nanti dapat meraih hasil yang maksimal.”, ujar Rhisqi Bagus Cahyono selaku Ketua Bidang Penalaran HMJ Fisika Nucleon 2021.

“Pada pembinaan banyak ilmu yang didapatkan, walaupun banyak tidak mengertinya. Terima kasih banyak telah memfasilitasi kami melalui kegiatan NuDCom ini.”, ujar salah satu peserta NuDCom 2021.

Harapan kedepannya untuk kegiatan NuDCom ini adalah dapat terus berlangsung untuk tahun-tahun berikutnya, berhubung kegiatan NuDCom ini merupakan kegiatan pertama yang diadakan oleh HMJ Fisika Nucleon, serta                        tentunya diharapkan peserta dalam kegiatan NuDCom ini dapat bertambah seiring bertambahnya tahun.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *