Berita Acara Nucleon Mengajar

Nucleon Mengajar 2020

Dalam UU No.20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, mengatakan bahwa pendidikan nasional berfungsi mengembangkan dan membentuk kemampuan serta peradaban bangsa dan bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa, bertujuan untuk berkembangnya peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat berilmu, cakap, kreatif, mandiri dan menjadi warga Negara yang demokratis dan bertanggung jawab (Depdiknas, 2003:8).

Akibat dari pandemi Covid-19, proses pembelajaran dalam sistem Pendidikan menjadi terganggu. Terganggunya proses pembelajaran tersebut menjadi kegelisahan tersendiri bagi sebagian masyarakat. Hal tersebut yang melatar belakangi Himpunan Mahasiswa Jurusan Fisika ini mengadakan program kerja Nucleon Mengajar secara online. Nucleon Mengajar merupakan program kerja yang terdapat di bidang pengabdian masyarakat yang menerapkan Tri Dharma Perguruan Tinggi dalam bidang pendidikan dan pengajaran kepada masyarakat.

Nucleon Mengajar telah dilaksanakan oleh HMJ Fisika Nucleon 2020 FMIPA Universitas Negeri Malang dimulai dari tanggal 26 Juli hingga 30 Agustus. Kegiatan Nucleon Mengajar ini dilaksanakan secara berkala dengan cara mengunggah video pembelajaran di Youtube HMJ Fisika Nucleon setiap hari Minggu dan Kamis. Selain menggunakan media Youtube untuk mengunggah video pembelajaran, kami juga menggunakan grup WhatsApp sebagai media diskusi bersama siswa. Kegiatan ini diikuti oleh 17 siswa kelas 8 Madrasah Tsanawiyah Darul Falah dan 17 pengajar muda. UntukUntuk materi yang disampaikan merupakan materi yang sudah disinkronkan dengan Guru IPA Terpadu yang mengajar di MTs Darul Falah selama semester ganjil, yaitu gerak pada makhluk hidup, gerak pada benda, usaha dan pesawat sederhana dalam kehidupan sehari-hari, struktur dan fungsi tumbuhan, sistem pencernaan manusia, serta zat aditif dan adiktif.

Simulasi pada hari pertama, para siswa menyambut dengan ramah panitia HMJ Fisika Nucleon dalam WhatssApp Group. Akan tetapi, mereka kurang responsif terhadap materi, video, dan soal yang telah diberikan. Hal tersebut dikarenakan faktor kebingungan dan juga faktor adanya pekerjaan rumah dari sekolah yang harus dikerjakan. Karena kegiatan dilakukan secara Online dan setelah beberapa kali melihat respon adik adik ketika diajak berdiskusi, mereka tidak suka jika terlalu ditekan. Hal tersebut membuat kami berinisiatif mengajak diskusi grup tidak hanya mengenai masalah materi mata pelajaran, namun juga bisa diselingi diskusi santai.

“Kesannya Nucleon Mengajar tahun ini sangatlah unik dan berbeda dari tahun-tahun yang sebelumnya. Meskipun dalam keadaan pandemik seperti ini kita tetap bisa melaksanakan salah satu proker pengabdian masyarakat yaitu mengajar anak-anak MTS dengan pembuatan konten pembelajaran yang bisa diakses kapan saja dan dimana saja. Pesannya semoga konten yang dibuat bisa bermanfaat dan untuk kedepannya bisa lebih banyak kontennya. Sukses terus untuk Nucleon Mengajar.” ujar Karira Risma Adiningsih selaku ketua bidang pengabdian masyarakat HMJ Fisika Nucleon 2020.
“Alhamdulillah, kegiatan tahunan HMJ Fisika Nucleon yaitu Nucleon Mengajar pada tahun ini dapat terealisasi dengan baik. Adanya pandemi tidak menghentikan kami untuk terus dapat menjalankan fungsi mahasiswa itu sendiri yaitu pengajaran dan pengabdian. Saya ucapkan banyak terimakasih kepada pihak terkait yaitu MTs Darul Falah serta kawan-kawan pengajar muda yang ikut mengabdi bersama kami. Harapannya dengan kegiatan ini dapat menumbuhkan motivasi baik pengajar maupun rekan adik-adik dibangku sekolah untuk haus akan ilmu. Semoga kegiatan ini dapat menjadikan berkah untuk kita semua. Aamiin.” ujar Baskara Hariadi selaku ketua umum HMJ Fisika Nucleon 2020.
“Kesannya kami merasa sangat senang dengan kedatangan kakak-kakak HMJ ini, karena disini kan tidak ada guru Fisika. Dari materi IPA Terpadu yang ada di sekolah ini, gurunya itu dari Biologi. Sehingga diharapkan murid-murid lebih paham mengenai mata pelajaran fisika yang diajarkan dari kakak-kakak HMJ. Selain itu kan media pembelajaran dan pemberian materi yang diberikan oleh kakak HMJ ini lebih lengkap, jadi murid-murid ini bisa mengerti dengan jelas tiap materinya. Harapan lebih lanjut serta pesan dari kami itu semoga kegiatan ini dapat terus berlangsung, dan dari sekolah kami membuka pintu untuk kehadiran kakak-kakak HMJ kembali” ujar Bu Sugiati, S.Pd selaku kepala sekolah MTs Darul Falah.

Harapan adanya Nucleon Mengajar ini semoga bisa membantu para siswa kelas 8 untuk lebih memahami mata pelajaran IPA Terpadu, khususnya pelajaran Fisika. Selain itu, diharapkan para pengajar muda bisa mendapatkan pengalaman dan belajar banyak dalam memberikan media pembelajaran pada siswa. Semua saran dan evaluasi yang telah diberikan kepada Nucleon Mengajar ini, semoga dapat diimplementasikan pada Nucleon Mengajar periode selanjutnya. Sehingga, kegiatan Nucleon Mengajar periode selanjutnya dapat berjalan lebih baik lagi.

JmksportShops , Chaussures, sacs et vêtements , Livraison Gratuite | New Balance 550 ‘Sea Salt Black’ — Jofemar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *