Ayo Kembalikan Indonesia Sebagai Paru-paru Dunia!

Paru-paru merupakan anggota tubuh yang memiliki peran besar dalam menyokong kehidupan. Julukan Indonesia sebagai paru-paru dunia mungkin sudah tidak asing lagi bagi kita. Julukan yang menjadi kebanggaan karena Indonesia merupakan salah satu negara dengan areal hutan terluas di dunia dan otomatis karena hal itu juga Indonesia menjadi salah satu negara penyedia oksigen alami terbesar di dunia. Menurut data Kemetrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) pada tahun 2015 areal hutan di Indonesia mencapai 128 juta Ha. Namun sayang setiap tahunnya luasan ini terus berkurang. Hal tersebut tak lain disebabkan oleh maraknya kebakaran hutan yang terjadi dan juga penebangan hutan secara ilegal untuk kebutuhan industri maupun bisnis. Julukan Indonesia sebagai paru-paru dunia perlahan mulai tak bersinar. Lantas apa yang harus dilakukan agar Indonesia kembali mematenkan dirinya sebagai paru-paru dunia?

Kadang kita sebagai warga biasa, merasa tidak bisa berbuat apa-apa untuk memperbaiki sesuatu yang rusak. Beban selalu kita berikan pada pemerintah karena beranggapan mereka memiliki kuasa  untuk melakukan perubahan. Padahal nyatanya tidak selalu demikian. Kebakaran dan juga penebangan hutan secara ilegal memang kita tidak dapat berbuat banyak untuk memperbaikinya secara langsung. Namun itu bukan berarti tidak ada hal yang bisa kita lakukan untuk berpartisipasi menjaga kelestarian hutan Indonesia. Kita bisa melakukan penghematan penggunaan energi, mulai menjaga kelestarian tanaman di sekitar, dan juga tanamkan kecintaan pada pada alam kepada orang-orang terdekat.

Tepat pada tanggal 21 Maret ini, seluruh negara di dunia memperingati hari Hutan Dunia. Mari pada momen ini dan seterusnya, kita tingkatkan kecintaan kita akan kelestarian hutan. Hutan merupakan sumber kehidupan dunia jika kita merusaknya maka secara tidak langsung kita membunuh dunia secara perlahan. Jadi dengan melakukan pergerakan kecil, mari kita lestrikan hutan dan kembalikan Indonesia sebagai paru-paru dunia! Salam lestari semua!

Penulis :     Muhammad Zaid Al-Khair

adidas born original women costume for sale – تسوق تشكيلة اديداس اوريجينالز للرجال مع تخفيضات 25 , نمشي – 75% أونلاين في السعودية | nike air max 90 current black blue book series

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *